Dari tayangan tadi ada kata-kata menarik Perubahan besar harus dimulai dan alam akan memberi apa yang kau butuhkan

Editor : - 4 June 2020 - 5:47 pm
JakartaStudio.com – Siswa SMP Kelas 7,8,9 hari Jumat 5 Juni 2020 akan kembali menyaksikan tayangan program belajar dari Rumah TVRI dengan materi pembelajaran mengenai Menjaga Hutan Indonesia.

Tayangan TVRI hari ini Jumat 5 Juni 2020 bertepatan dengan hari lingkungan hidup sedunia. Diharapkan siswa SMP kelas 7 9 bisa mengetahui kondisi lingkungan alam di Indonesia untuk bisa tetap menjata hutan dan kelestariannya.

Setelah menyaksikan tayangan TVRI Hari ini 5 Juni 2020, Siswa SMP kelas 7,8,9 diharapkan untuk bisa menjawab tiga buah pertanyaan Soal TVRI SMP hari ini Jumat 5 Juni 2020.

Adapun Kisi Jawaban dan Soal TVRI Jumat 5 Juni 2020 untuk SMP sudah JakartaStudio.com persiapkan dibawah ini, diantaranya, siswa SMP bisa memaknai kalimat “Perubahan besar harus dimulai dan alam akan memberi apa yang kau butuhkan.

Siswa SMP kelas 7 9 juga mempelajari tentang cara bertani di lahan gambut tanpa melakukan pembakaran untuk pembukaan lahan pertanian.

Berikut ini JakartaStudio.com berikan rangkuman lengkap Soal dan Jawaban TVRI SMP kelas 7 9 Jumat 5 Juni 2020 yang bisa dipelajari dan dimanfaatkan bagi orangtua dirumah

Dari tayangan tadi, ada kata-kata menarik, “Perubahan besar harus dimulai dan alam akan memberi apa yang kau butuhkan.” Bagaimana kamu memaknai kalimat tersebut berdasarkan kondisi lingkungan di sekitarmu?

Jawaban :

Makna dari kalimat “Perubahan besar harus dimulai dan alam akan memberi apa yang kau butuhkan” yaitu bahwa untuk mendapatkan perubahan yang besar dari lingkungan kita, maka kita sebagai manusia harus mulai melakukan perubahan di lingkup yang terkecil terlebih dahulu dalam upaya kita untuk menjaga kelestarian alam Indonesia. Contoh yang bisa kita lakukan diantaranya ketika kita menjaga kelestarian hutan, maka cadangan air tanah menjadi lebih melimpah. Hal seperti inilah yang dimaksudkan dengan alam memberi apa yang kamu butuhkan.

Ternyata ada cara bertani di lahan gambut tanpa melakukan pembakaran. Berdasarkan tayangan tersebut, bagaimana caramu menyadarkan masyarakat agar menerapkan teknik bertani tanpa melakukan pembakaran lahan tersebut?

Jawaban :

Untuk bisa menyadarkan masyarakat agar tidak melakukan pembakaran lahan untuk bertani di lahan gambut yaitu bisa dimulai dari diri sendiri dan keluarga dengan melakukan bercocok tanam tanpa membakar lahan dan hal ini juga bisa menguntungkan. Dengan melakukan hal ini terhadap diri sendiri dan keluarga, pada akhirnya masyarakat akan terbuka dan melihat bahwa contoh nyata bercocok tanam dilahan gambut tanpa melakukan pembakaran lahan juga bisa dilakukan, upaya lainnya yaitu dengan sosialisasi dan kampanye bahwa melakukan pembakaran lahan hanya akan memperburuk lahan gambut itu sendiri.

Sebutkan tiga aktivitas manusia yang berpotensi mengurangi pemanasan global!
Berikan alasan atau bukti pendukung yang dapat memperkuat pendapatmu.

Jawaban :

  1. Melakukan penanaman pohon dan melindungi pepohonan dari penebangan liar karena pohon bisa menyerap gas buang dari kendaraan dan memberikan oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Semakin banyak pohon yang tumbuh subur maka bisa mengurangi efek pemanasan global
  2. Menggunakan kendaraan seperlunya saja untuk mengurangi gas buang kendaraan yang berbahaya bagi bumi sehingga kita ikut mengurangi kadar karbon yang dihasilkan oleh kendaraan tersebut.
  3. Hemat dalam menggunakan listrik karena sebagian listrik yang dihasilkan masih bersumber dari pembakaran batu bara yang bisa mencemari lingkungan dan udara. Oleh karena itu perlu kita untuk menghemat penggunaan listrik.

Itulah tadi rangkuman lengkap materi soal dan jawaban TVRI Hari ini Jumat 5 Juni 2020 untuk Tingkat SMP kelas 7,8,9 dan sederajat yang bisa JakartaStudio.com berikan bagi orangtua dirumah.

Semoga dari Tayangan dan Soal Pertanyaan TVRI hari ini Jumat 5 Juni 2020, Siswa SMP kelas 7 9 memiliki rasa tanggung jawab untuk Menjaga Hutan Indonesia. Menjaga kelestarian lingkungan sekitar dan mau ambil bagian dalam mengkampanyekan Lingkungan Hidup yang sehat dan terawat baik bagi sekitarnya dan lebih utamanya bagi Indonesia.