mengapa setiap cerpen dan novel bisa diadaptasi menjadi naskah drama jelaskan alasannya

Editor : - 3 June 2020 - 12:16 pm
JakartaStudio.com – Jelaskan Alasannya mengapa setiap cerpen dan novel bisa diadaptasi menjadi naskah drama.

Ini adalah soal pertama dari empat buah soal jawaban TVRI tanggal 4 juni 2020 untuk SD kelas 4 6

Hari ini Kamis 4 Juni 2020 SD Kelas 4 6 akan mempelajari materi tentang Pengenalan Drama.

Siswa SD kelas 4 6 akan belajar tentang cerpen dan novel dan cara mengubah cerpen atau novel menjadi sebuah naskah drama.

Siswa SD kelas 4 6 juga akan mempelajari tentang penokohan, plot serta dialog dalam sebuah naskah drama.

Dan setelah memahami cara membuat naskah drama yang baik dan benar dari cerita cerpen dan novel, diharapkan Siswa SD kelas 4 6 dapat membuat satu adegan naskah drama yang diadaptasi dari cerpen atau novel yang sudah dibuat.

Berikut ini JakartaStudio.com rangkuman lengkap kunci jawaban TVRI tanggal 4 juni 2020 untuk SD kelas 4 6

Diharapkan soal dan jawaban tvri 4 juni 2020 kelas 4 6 ini bisa dimanfaatkan oleh orangtua dirumah

Inilah detail lengkap Soal dan Jawaban TVRI tgl 4 juni 2020 tentang pokok bahasan Pengenalan Drama

1. Mengapa setiap cerpen dan novel bisa diadaptasi menjadi naskah drama? Jelaskan alasannya!

JAWAB :

Cerpen dan novel bisa diadaptasi menjadi naskah drama karena pada dasarnya, cerpen dan novel yang dibuat sudah terbentuk satu struktur alur cerita yang utuh dan lengkap sehingga bisa dituangkan ide cerita yang ada dalam cerpen dan novel tersebut menjadi naskah drama, hal yang harus kita lakukan berikutnya hanya tinggal menuliskan dialognya saja sehingga menjadi sebuah naskah drama yang utuh.

2. Bagaimana cara mengubah cerpen atau novel menjadi sebuah naskah drama?

JAWAB :

Cara mengubah cerpen atau novel menjadi sebuah naskah drama yaitu dengan memahami terlebih dahulu isi cerita dari cerpen atau novel dengan baik, kemudian kita bisa memulai dengan mengadakan perubahan peristiwa yang terjadi dan yang ada di dalam sebuah cerpen atau novel menjadi dialog. Kita bisa memilih peristiwa yang menarik dalam cerpen atau novel untuk kemudian kita rubah menjadi dialog antar tokoh dalam drama yang ingin kita buat.

3. Dalam membuat naskah drama, perlu dipahami 3 unsur penting yaitu penokohan, plot, dan dialog. Buatlah 1 adegan naskah drama yang diadaptasi dari cerpen atau novel dengan menerapkan 3 unsur tersebut!

Penokohan adalah cara pengarang menampilkan tokoh-tokoh dalam cerita sehingga dapat diketahui karakter atau sifat para tokoh itu.

Plot adalah sebuah struktur rangkaian kejadian dalam sebuah cerita yang disusun secara kronologis, arti lain dari plot yakni suatu rangkaian cerita sejak awal hingga akhir

Contoh 1 adegan naskah drama dengan menerapkan penokohan, plot dan dialog :

Judul : Pak Tua Pemungut Sampah

Beranda rumah ada seperangkat kursi. Hari masih pagi. Di dekat kursi Ra mencium tangan ibu, sementara Fathia, Tary, dan Rita menunggu di halaman depan.

Ra : (melepaskan tangan ibu) “Ra berangkat Bu” (lari menuju temannya)
Ibu : “Iya, hati-hati di jalan (ibu masuk)
Ra, Fathia, Tary, dan Rita berjalan dan bertemu lelaki tua sedang mengaduk tempat sampah

Ra : (menutup hidung) “Ih bau banget”
Rita : “Iya, aku pengen muntah”
Tary : “Eh, bukankah itu sampah-sampah bekas dari rumah kita juga?”
Fathia : “Tapi kita kan mau lewat. Pak Tua itu harusnya berhenti dulu supaya baunya tidak menyengat”
Ra : “Iya, kita lari saja yuk begitu lewat gerobak sampahnya! Supaya tidak kena baunya”
Ra, Fathia, Tary, Rita : “Yuk!” (bersamaan berlari sambil tertawa)

4. Tuliskan watak setiap tokoh pada drama Kisah Pemulung dan Penjual Bakso!

JAWAB :

Watak Pemulung : Sabar, jujur, baik hati, suka menolong
Watak Penjual Bakso : Ceria, murah hati
Watak Anak kecil : Mudah marah, usil, cerdik, kurang tanggung jawab

Demikianlah rangkuman Kunci Jawaban TVRI tanggal 4 Juni 2020 untuk SD kelas 4 6. Semoga soal dan jawaban TVRI 2 juni 2020 kelas 4 6 diatas bisa berguna bagi orangtua murid dirumah.

Adapun Materi Pelajaran untuk hari Jumat 5 Juni 2020 SD Kelas 4 6 akan mempelajari tentang Penyajian Data dari Gemar Matematika bersama Pak Ridwan.

Berikut ini adalah kisi kisi Pertanyaan Soal TVRI Jumat 5 Juni 2020 yang bisa digunakan dan dipelajar dirumah

  • Berikut merupakan data jumlah pasien yang hadir di Puskesmas selama satu minggu: Senin 35 orang; Selasa 20 orang; Rabu 22 orang; Kamis 15 orang; Jumat 35 orang; dan Sabtu 15 orang. Berapa perbandingan jumlah peserta sebelum hari Rabu dan setelah hari Kamis? Buatlah tabel data dan penjelasannya!
  • Berikut merupakan data hasil panen Pak Seto dari bulan Januari sampai Mei: Januari 30 kg; Februari 25 kg; Maret 45 kg; April 50 kg. Jika jumlah
    keseluruhan hasil panen padi Pak Seto adalah 185 kg, berapa hasil panen padi pada bulan Mei? Buatlah dalam bentuk diagram batang!
  • Berikut merupakan data minat dari 180 siswa terhadap empat ekstrakurikuler di sekolah: Seni Suara 90°; Seni Tari 60°; 35 siswa menyukai Karate;
    dan sisanya suka Pencak Silat, Seorang siswa mengatakan ekstrakurikuler yang paling banyak peminatnya adalah Seni Suara. Apakah kamu setuju? Jelaskan dan buat diagram lingkarannya!

Kami akan senantiasa memberikan update terbaru untuk Kunci Jawaban TVRI tanggal 5 Juni 2020 besok agar bisa kembali digunakan oleh Orangtua dirumah.

Tetap selalu melihat update dari JakartaStudio.com untuk bisa terus mendapatkan informasi Program Belajar dari Rumah TVRI hari ini, serta Kunci Jawaban TVRI setiap harinya.